6 Obat Alami Untuk Penderita Asam Urat

Asam urat - (bahasa Inggris: uric acid, urate) adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L).

Kelebihan (hiperurisemia, hyperuricemia) atau kekurangan (hipourisemia, hyporuricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Pada manusia, asam urat adalah produk terakhir lintasan katabolisme nukleotida purina, sebab tiadanya enzim urikase yang mengkonversi asam urat menjadi alantoin. Kadar asam urat yang berlebih dapat menimbulkan batu ginjal dan/atau pirai di persendian.

Apabila Anda menderita asam urat tinggi dan sudah mulai merasa kesulitan untuk berjalan, maka ada baiknya mulai memasukan jenis makanan ini dalam menu diet sehari-hari Anda. Selain bermanfaat menurunkan kadar asam urat, makanan ini juga baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Apa saja obat asam urat dari bahan alami tersebut? berikut adalah obat alami yang dapat mengurangi kadar asam urat di tubuh :
1. Vitamin C. Mengonsumsi aneka jenis makanan yang mengandung vitamin C baik untuk  menurunkan kadar purin atau asam urat Anda, dan melarutkannya dalam darah.
2. Susu rendah lemak. Konsumsi susu rendah lemak juga baik untuk mengurangi kadar asam lemak tubuh. Contohnya yogurt, selain baik menurunkan kadar purin, juga baik menurunkan kolesterol.
3. Ceri dan berries. Buah ceri yang belum diproses dengan pemanis (manisan ceri) baik untuk menurunkan kadar asam urat. Sifat anti-inflamasinya juga baik bagi kesehatan.
4. Jeruk nipis. Konsumsi sari jeruk nipis dengan air hangat. Ia baik sekali untuk membersihkan tubuh dari berbagai zat tak berguna, juga melarutkan kristal asam urat.
5. Cuka sari apel. Minum 3 sendok teh cuka sari apel yang ditambahkan dalam segelas air 2 kali sehari.
6. Minum air putih. Ini juga bahan alami yang baik untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Minum dalam jumlah ideal, yaitu 8 gelas per hari, agar air tersebut dapat melarutkan berbagai zat tak berguna dan membuangnya keluar lewat urine.

Selamat mencoba, dan semoga kadar asam urat anda dalam tubuh menjadi stabil dan dapat beraktivitas seperti dulu lagi.

thumbnail
Judul: 6 Obat Alami Untuk Penderita Asam Urat
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kesehatan :

0 comments:

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz