Perawatan Kuku Manicure Pedicure di Rumah secara Praktis

Perawatan Kuku Manicure Pedicure di Rumah secara Praktis

Perawatan Kuku Manicure Pedicure di Rumah secara Praktis – Ingin tampil menawan secara keseluruhan? Jangan abaikan untuk merawat bagian kuku ya, baik kuku tangan maupun kaki sama-sama penting. Perawatan kuku tangan akan membuat Anda lebih percaya diri saat berjabat tangan, menyambut tamu, atau menyentuh apapun. Sedangan kuku kaki yang dirawat akan tampil menawan saat mengenakan sandal atau sepatu dengan model terbuka. Di samping itu, kuku yang dirawat pasti akan lebih sehat bukan?



Perawatan kuku atau di salon biasa disebut dengan manicure pedicure spa, merupakan perawatan khusus kuku tangan dan kaki yang tidak hanya bertujuan merawat keindahan kuku, tapi juga menjaga kesehatan serta kebersihan kaki dan tangan. Tarif yang dipasang di salon untuk perawatan ini pun berbeda-beda. Namun melakukannya tak harus di salon, Anda pun dapat melakukannya di rumah. Bagaimana caranya? Yuk kita ikuti panduan manicure pedicure di rumah berikut ini:

Alat-alat menicure pedicure yang perlu dipersiapkan :

1. Handuk berukuran sedang.
2. Baskom berukuran sedang untuk manicure dan baskom besar untuk pedicure.
3. Minyak zaitun, garam, irisan lemon.
4. Lotion tangan, krim perawatan kaki dan krim anti jamur.
5. Alat manicure dan pedicure:
6. Gunting kutikula: Digunakan untuk memotong lapisan kutikula yang tumbul diluar kuku.
7. Gunting kuku: Siapkan dua ukuran. Ukuran lebih kecil untuk manicure dan lebih besar untuk pedicure.
8. Tweezer: Untuk mencabut bulu di sekitar jari.
9. Alat kikir: Untuk membentuk kuku dan memperhalus ujung-ujung kuku.
10.Nail Buffer: Untuk meningkatkan kilau alami pada kuku.
11.Batu apung dan sikat: Untuk mengangkat sel kulit mati dari kaki. Sikatnya untuk membersihkan daerah kuku pada kaki dan tangan.
12.Sabun cair: Sebaiknya pilih sabun bayi.
13.Nail polish remover (aseton).
14.Base Coat: Untuk melapisi dan menguatkan kuku.
15.Cat kuku.

Panduan melakukan perawatan manicure pedicure di rumah :

> Pastikan kuku tidak menggunakan cat kuku. Jika masih memakainya, hapus dengan nail polish remover (aseton).
> Gosokkan kuku dengan lemon selama 5 – 10 menit.
> Rendam tangan dan kaki di dalam baskom yang telah diisi air hangat. Tambahkan sedikit garam, sabun cair, potongan lemon dan minyak zaitun. Rendamlah selama 15 – 20 menit.
> Lap salah satu tangan/kaki dengan handuk.
> Gunting kuku dan buang kutikula dengan gunting kutikula.
> Gosok kaki dengan batu apung .
> Rendam tangan dan kaki pada air dingin.
> Setelahnya, keringkan tangan dan kaki. Gunakan lotion tangan, lotion kaki dan terapkan krim anti jamur pada kaki.
> Pulas kuku dengan base coat. Tunggu hingga kering, baru pulaskan dengan cat kuku.

Kuku cantik selalu dan bisa dilakukan perawatan kapan anda mau. 





7 Langkah Merawat Kuku Kaki Yang Rusak

7 Langkah Merawat Kuku Kaki Yang Rusak

7 Langkah Merawat Kuku Kaki Yang Rusak - Jika suatu saat kuku kaki Anda rusak karena benturan atau kecelakaan maka Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara merawat kuku kaki yang rusak tersebut. Karena dilihat dari nilai estetika, tampilan kuku kaki Anda sudah berkurang dan tidak indah lagi. Apa cara yang terbaik untuk merawatnya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan buat mengatasi masalah tersebut. 


Adapun 7 langkah tersebut adalah sebagai berikut :

1. Segera setelah kuku kaki Anda terluka, hentikan pendarahan dengan mengikat jari kaki yang kukunya rusak dengan kain atau perban. Angkat kaki Anda agar darah bisa berhenti mengalir keluar. Darah bisa saja mengalir banyak karena terdapat banyak pembuluh darah di kaki tapi pastikan tidak perlu ada jahitan untuk luka itu.

2. Bersihkan kuku kaki yang terluka dengan antiseptik segera. Bersihkan dan cuci kemudian usapkan cairan antibiotik. Bungkus kuku kaki dengan perban yang steril dan ikat dengan kuat.

3. Ganti perban sesekali dalam satu hari dan pastikan Anda tidak akan berlari atau melompat dulu sampai kaki Anda sembuh.

4. Selanjutnya untuk merawat kuku kaki yang rusak adalah dengan memperhatikan apakah terjadi pembengkakan, kemerahan yang berlebihan atau kondisi yang tidak normal. Bakteri dapat masuk dengan mudah dan terperangkap di sisa kuku yang ada dan mengakibatkan infeksi. Itu sebabnya jaga kuku kaki yang terluka agar tetap bersih.

5. Kuku kaki yang rusak pada akhirnya akan lepas sendiri setelah memperbaiki diri. Jangka waktunya bisa sampai satu bulan jika kerusakannya cukup berat. Ketika perban dibuka kemungkinan kuku kaki Anda sudah terlepas.

6. Setelah kuku kaki terlepas, jaringan yang ada di bawahnya akan menjadi lunak, sensitif dan tampak menjijikkan. Bersihkan secara rutin dan biarkan kuku tersebut tetap terbungkus, terutama untuk beberapa hari setelah terlepas. Setelah jaringan mengeras, perban boleh dilepas.

7. Kuku baru akan mulai tumbuh dan Anda tidak perlu melakukan apapun untuk mengembalikan kuku tersebut. Tubuh akan memperbaikinya sendiri.

Mudah bukan cara merawat kuku kaki yang rusak? Jangan pernah merasa bosan dalam melakukannya butuh adanya kesabaran supaya mendapatkan hasil yang baik. Jaga terus keindahan kuku kaki anda!!

bsud.blogspot.com


Apakah Anda Alergi pada hewan peliharaan

Alergi pada hewan peliharaan

Alergi pada hewan peliharaan - Mungkin anda adalah salah seorang yang di rumahnya memiliki hewan peliharaan terutama hewan yang memiliki bulu seperti kucing, anjing, hamster dll. Tapi tidak semuanya memiliki alergi terhadap bulu-bulu hewan tersebut karena ada beberapa penderita alergi memang ada yang mengalami alergi terhadap bulu hewan peliharaan. bahkan penderita seperti ini harus memelihara binatang anjing tanpa bulu. tepai dipihak lain banyak penderita alergi yang sangat pobia terhadap binatang peliharaan. ketika membuang binatangkesayangannya ternyata gangguan alergi masih terus muncul. hal ini terjadi karena sangat sulit untuk menentkan atau memastikan seseorang alergi binatang peliharaan karena banyak faktor yang berpengaruh terhadap gejala alergi yang timbul.



Alergi hewan peliharaan terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap protein hewani tertentu. reaksi ini memicu peradadangan di lapisan hidung sehingga  menyebabkan bersin, pilek dan tanda-tanda yang biasanya berhubunga dengan demam jerami

bagi sebagian orang, alergi hewan peliharaan mungkin menjadi penyebab utama peradangan dan kontraksi dari saluran udara paru-paru (asma), mengakibatkan mengi, sesak napas, dan kesulitan bernapas lainnya.

binatang berbulu yang dapat menjadi sumber alergi antara lain : kucing, anjing, tikus dan kuda. Meskipun alergi alergi hewan peliharaan menjadi masalah rumah tangga, bisa juga mempengaruhi orang-orang yang bekerja dengan binatang di pertanian, laboratorium atau kebun binatang.

Reaksi alergi binatang peliharaan seperti kasus kesalahan identifikasi yang dilakukan sistem kekebalan tubuh. Biasanya, sistem kekebalan tubuh menghasilkan antibodi untuk melindungi tubuh terhadap bakteri, virus atau zat-zat beracun. Dengan kata lain, sistem kekebalan salah mengidentifikasi protein ini sebagi sesuatu yang dapat membahayakan. Setelah tubuh mengembangkan anttibodi penyebab alergi ke agen tertentu (alergen). Ketika menghirup alergen aau bersentuhan dengan itu, sistem kekebalan tubuh merespon dang menghasilkan respon peradangan di hidung atau paru-paru.

Adapun gejala-gejala alergi yang disebabkan oleh hewan peliharaan adalah: bersin, pilek, gatal(merah atau mata berair), hidung gatal(langit-langit mulut atau tenggorokan gatal juga), batuk, mata bengkak, sering terbangun karena sering batuk atau sesak napas.

Jika hewan peliharaan meyebabkan asma, akan mucul gejala-gejala seperti berikut ini: kesulitan bernapas, dada sesak atau sakit, suara mengi saat menghembuskan napas, sulit tidur disebabkan oleh sesak napas, batuk atau mengi, serangan batuk atau mengi yang diperburuk oleh virus pernapasan seperti pilek atau flu.

Perawatan 

Adapun usaha perawatan untuk mengendalikan alergi yang disebabkan oleh hewan peliharaan adalah dengan menghindari penyebabnya (hewan peliharaan). Walaupun sudah menghindari kemungkinan masih ada untuk terjadi alergi karena ada kemungkinan masih adanya atau tetinggalnya bulu hewan peliharaan kita. maka perlu dilakukan proses pembersihan rumah secara menyeluruh dan selalu menjada kesehatan tubuh dengan makan makanan yang bergizi dan minum vitamin serta dibarengi dengan rutin berolahraga. 

Gejala Alergi Terhadap Cuaca Dingin.

Alergi Terhadap Cuaca Dingin. 

Alergi Cuaca dingin - Alergi merupakan bentuk dari kegagalan kekebalan tubuh seseorang, yaitu secara umum tubuh seseorang bereaksi secara imunologi terhadap bahan yang umumnya non-imunogenik. Hanya saja, reaksi yang dimunculkan tersebut berlebihan, sehingga lingkungan sekitar atau bahan-bahan dan zat yang terkandung di dalamnya, yang sebenarnya tidak berbahaya oleh tubuh.

Menurut  para ahli, paparan udara dingin dapat menyerang daya tahan tubuh yang kemudian menstimulasi produksi lendir disaluran pernapasan. Banyak yang pada akhirnya menimbulkan gejala pembengkakan jaringan di dalam hidung, hal ini yang biasanya menimbulkan flu atau memicu serangan asma. Sedangkan alergi udara dingin tingkat akut turut disertai gejala gatal-gatal atau lebih dikenal dengan biduran. 

Alergi dingin banyak dialami ileh orang-orang yang biasanya tinggal di lingkungan beriklim tropis, karena tubuhnya terbiasa dengan suhu hangat. Alergi dingin juga dapat dialami oleh orang uang memiliki kulit sangan sensitif.

Gatal-gatal akibat alergi tadi muncul sebab mekanisme pertahanan tubuh yang bereaksi secara berlebihan mengeluarkan histamin. Keluarnya senyawa kimia histamin membuat kulit terasa gatal, bentol, seakan terbakar bahkan hingga sesak napas.

Alergi dingin sebenarnya penyakit yang ringan dan sebenarnya bukan termasuk penyakit. Namun jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian karena membawa ketidaknyamanan bagi penderita karena penderita tidap bebas dalam melakukan aktifitas di daerah yang memiliki suhu yang dingin.

Gejala Alergi di musim dingin

Urticaria

Udara dingin bisa memicu reaksi urticaria atau bercak-bercak kemerahan pada kulit, umumnya disertai dengan rasa gatal. Bercak tersebut bisa muncul mendadak dan bersifat kambuhan jika terpapar udara atau air dingin. Untuk mencegahnya, tutupi seluruh bagian tubuh saat akan berada diluar ruangan atau konsumsi obat antihistamin selama anda berada di daerah yang sangat dingin.

Bengkak

Pembengkakan jaringan dalam tubuh yang disebut juga dengan cold-induced angiodema. Kondisi ini juga terkait dengan urticaria. Kondisi ini lebih berbahaya karena juga disertai dengan penurunan tekanan darah. Gejala ini juga bisa menjadi tanda adanya kondisi medis yang lebih serius.
Sindrom Raynauds

Pada beberapa orang, paparan udara dingin pada tangan dan kakinua bisa menyebabkan kontraksi pembuluh darah yang berat. Kondisi itu akan menyebabkan penurunan kadar oksigen pada area yang mengalami kontraksi sehingga kulit menjadi putih dan sakit. Ketika kulit dihangatkan, area yang terkena menjadi berwarna seperti pelangi, merah diikuti biru. Jangan abaikan sindrim ini karena bisa menjadi tanda adanuya gangguan sistem imun atau penyakit lupus.

Asma

Menghirup udara dingan juga bisa menyebabkan serangan asma muncul, yakni sesak napas dan pengerutan saluran napas. Udara dingin yang kering merupakan pemicu yang paling sering.
Untuk memastikan mulut dan hidung anda tetap hangat, hiruplah udara yang hangat dengan cara menutup mulut dan hidung. Bwalah selalu inhaler saat berada di daerah dingin.
Hidung berair

Meski secara teknis ini bukanlah alergi, tetapi vasomotor rhinitis atau hidung berair mirip dengan gejala alergi. Gejala kondisi ini antara lain hidung terus berair, bersin, atau hidung tersumbat.

Selalu jaga kesehatan anda dengan makan makanan yang bergizi minum vitamin, rutin berolahraga dan istirahat yang cukup.

Alergi atau intoleransi?

Alergi atau Intoleransi?

Hanya 6-8% anak yang benar-benar alergi makanan, ujar Scott Sicherer, M.D., asisten profesor ilmu kesehatan anak di Jaffe Food Allergy Institute, New York City. Sedangkan anak lain cuma memiliki kesulitan dalam mencerna beberapa jenis makanan – yang dikenal sebagai intoleransi. Berikut ciri masing-masing:

ALERGI

Pemicu paling umum, termasuk telur, susu, gandum, ikan, dan kerang-kerangan; 80-90% anak yang alergi susu, telur, dan gandum mampu mengatasinya pada usia tiga tahun. Sisanya akan alergi seumur hidup.  
Sistem kekebalan tubuh terlibat. Tubuh menganggap protein-protein tertentu sebagai zat berbahaya, lalu melepaskan histamin sebagai usaha perlawanan.
Umumnya diwariskan.
Gejala-gejala, termasuk ruam kulit, rasa gatal disertai bintik-bintik merah dan bengkak, sakit perut disertai muntah, diare, dan kesulitan bernapas. Gejala ini biasanya muncul beberapa menit setelah makan makanan pemicu, bahkan dalam jumlah kecil.
Anak harus benar-benar menghindari makanan pemicu alergi dan selalu membawa obat untuk alergi yang berat. Tak jarang, serangan alergi berakhir di ruang gawat darurat.

INTOLERANSI

Pemicu paling umum, termasuk susu, meskipun buncis dan kacang polong bisa juga jadi penyebab. Anak-anak jarang bisa mengatasi intoleransinya.
Tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh. Tubuh kekurangan enzim-enzim yang membantu mencerna senyawa tertentu dalam makanan, seperti laktosa dalam susu.
Kadang diwariskan, tapi lebih sering tidak.
Gejala-gejala, termasuk sakit perut, pup tidak padat, dan, sesekali, muntah. Namun, gejala ini tidak akan muncul sampai beberapa jam setelah makan. Makan dalam jumlah kecil tidak selalu menimbulkan masalah.
Anak harus menghindari – atau makan sedikit sekali -- makanan pemicu intoleransi. Tanyakan pada dokter anak apakah si kecil boleh mengonsumsi obat yang dijual bebas.

Kenali 5 Alergen Penyebab Alergi

Kenali 5 Alergen Penyebab Alergi 

Alergi - Sistem kekebalan tubuh setiap orang berbeda-beda sehingga ada beberapa orang yang sangat sensitif terhadap alergen (faktor pemicu alergi) tertentu,  sedangkan sebagian orang yang lain tidak. Ada dua faktor penyebab, yaitu genetik dan lingkungan. Risiko alergi Anda sangat berhubungan dengan sejarah alergi orang tua. Jika kedua orang tua tidak mengidap alergi, Anda hanya berisiko 15 persen mengidap alergi. Tapi jika ayah-ibu Anda pengidap alergi, risiko Anda pun bisa lebih dari 60 persen. 
     
Faktor lain adalah lingkungan. Reaksi alergi terjadi jika Anda terkena suatu alergen. Semakin besar dan berulang-ulang paparan alergen, maka alergi pun cepat berkembang. Selain itu ada faktor lain yang 'berkomplot' menyebabkan kondisi-kondisi alergi, diantaranya kebiasaan merokok, polusi, infeksi, dan hormon.     

Alergen setiap orang berbeda-beda. 5 alergen penyebab alergi yang paling sering ditemukan, yaitu:

Tungau dan debu rumah


Tungau hidup dari kerak kulit manusia yang terkelupas secara teratur menjadi debu dalam rumah. Tungau suka hidup di tempat hangat dan lembap, misalnya kasur, seprai, selimut, bantal, sofa, dan lainnya. Tungau ini sangat kecil sehingga memungkinkan melayang-layang di udara. Tungau yang terhirup dapat menyebabkan gejala demam serbuk sari (hay fever) dan asma. Jika terkena kulit, dapat menyebabkan eksem.

Rumput dan serbuk bunga (pollen)


Serbuk ini berbentuk butiran kecil yang dibawa oleh serangga dan angin. Jika terkena mata, hidung, atau paru-paru pada orang yang sangat peka, bisa menyebabkan hay fever.  

Kulit, bulu, dan ludah hewan


Hampir semua hewan berbulu dapat menyebabkan alergi. Alergen yang terdapat di kerak kulit, bulu, dan ludah hewan dapat bertahan lama dan sangat mudah menyebar sehingga dapat menyerang orang yang bukan pemilik hewan tersebut.

Makanan



Alergi makanan muncul dalam berbagai bentuk, dari gejala ringan seperti gatal-gatal dan bibir bengkak, hingga ke serangan yang mengancam jiwa. Makanan yang paling umum menimbulkan alergi adalah seafood. 

Obat


Beberapa antibiotik dapat menyebabkan alergi. Biasanya, reaksi alergi tidak timbul pada saat pertama kali obat itu diminum, tapi pada pemakaian berikutnya.

Meski penyebab alergi beragam, hanya ada dua jenis alergi yaitu alergi yang mengganggu pernapasan seperti asma dan alergi rinitis (bersin dan pilek berulang terutama di pagi hari) serta alergi yang timbul pada kulit, contohnya urtikaria (biduran), eksim yang disebabkan antara lain oleh kosmetik atau logam (perhiasan). 
    
Reaksi alergi tidak hanya terjadi dalam waktu pendek. Terkadang penderita 'merana' selama bertahun-tahun. Alergi bahkan dapat berkembang menjadi penyakit lain. Contohnya alergi rinitis, selain bersin dan pilek dapat juga berbentuk gatal, kemerahan, dan berair pada mata. Jika dibiarkan gangguan ini dapat berkembang menjadi sinusitis. 
    
Alergi juga dapat menimbulkan reaksi berat yang disebut anafilaksis. Ini adalah reaksi sistemik yang melibatkan sejumlah sistem tubuh, mulai dari kulit, sistem pernapasan, pencernaan, hingga kardiovaskular. Munculnya anafilaksis tidak dapat diprediksi, sehingga pertolongan harus dilakukan secepat mungkin, karena jika terlambat dapat menyebabkan penderita tidak sadarkan diri atau bahkan meninggal.   


Kenali penyebab alergi pada diri anda karena bukan hanya memyebabkan sakit bahkan bisa menyebabkan kematian. Kenali dan Hindari!!!!!  
     

Informasi Sinusitis

Sinusitis - Sinusitis berasal dari akar bahasa Latinnya, akhiran umum dalam kedokteran itis berarti peradangan karena itu sinusitis adalah suatu peradangan sinus paranasal. Di sekitar rongga hidung terdapat empat sinus yaitu sinus maksilaris ( terletak di pipi) , sinus etmoidalis ( kedua mata) , sinus frontalis (terletak di dahi) dan sinus sfenoidalis ( terletak di belakang dahi).

bsud.blogspot.com

Sinusitis adalah peradangan, atau pembengkakan, dari jaringan yang melapisi sinus. Biasanya sinus berisi udara, tetapi ketika sinus tersumbat dan berisi cairan, kuman (bakteri, virus, dan jamur) dapat berkembang dan menyebabkan infeksi.

Sinus atau sering pula disebut dengan sinus paranasalis adalah rongga udara yang terdapat pada bagian padat dari tulang tenggkorak di sekitar wajah, yang berfungsi untuk memperingan tulang tenggkorak. Rongga ini berjumlah empat pasang kiri dan kanan. Sinus frontalis terletak di bagian dahi, sedangkan sinus maksilaris terletak di belakang pipi. Sementara itu, sinus sphenoid dan sinus ethmoid terletak agak lebih dalam di belakang rongga mata dan di belakang sinus maksilaris. Dinding sinus terutama dibentuk oleh sel sel penghasil cairan mukus. Udara masuk ke dalam sinus melalui sebuah lubang kecil yang menghubungkan antara rongga sinus dengan rongga hidung yang disebut dengan ostia. Jika oleh karena suatu sebab lubang ini buntu maka udara tidak akan bisa keluar masuk dan cairan mukus yang diproduksi di dalam sinus tidak akan bisa dikeluarkan.

Penyebab terjadinya sinusitis

Sinusitis dapat terjadi bila terdapat gangguan pengaliran udara dari dan ke rongga sinus serta adanya gangguan pengeluaran cairan mukus. Adanya demam, flu, alergi dan bahan bahan iritan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada ostia sehingga lubang drainase ini menjadi buntu dan mengganggu aliran udara sinus serta pengeluaran cairan mukus. Penyebab lain dari buntunya ostia adalah tumor dan trauma. Drainase cairan mukus keluar dari rongga sinus juga bisa terhambat oleh pengentalan cairan mukus itu sendiri. Pengentalan ini terjadi akibat pemberiaan obat antihistamin, penyakit fibro kistik dan lain lain. Sel penghasil mukus memiliki rambut halus (silia) yang selalu bergerak untuk mendorong cairan mukus keluar dari rongga sinus. Asap rokok merupakan biang kerok dari rusaknya rambut halus ini sehingga pengeluaran cairan mukus menjadi terganggu. Cairan mukus yang terakumulasi di rongga sinus dalam jangka waktu yang lama merupakan tempat yang nyaman bagi hidupnya bakteri, virus dan jamur.

2 Tipe penyakit sinusitis

Sinusitis dapat dibagi menjadi dua tipe besar yaitu berdasarkan lamanya penyakit (akut, subakut, khronis) dan berdasarkan jenis peradangan yang terjadi (infeksi dan non infeksi). Disebut sinusitis akut bila lamanya penyakit kurang dari 30 hari. Sinusitis subakut bila lamanya penyakit antara 1 bulan sampai 3 bulan, sedangkan sinusitis khronis bila penyakit diderita lebih dari 3 bulan. Sinusitis infeksi biasanya disebabkan oleh virus walau pada beberapa kasus ada pula yang disebabkan oleh bakteri. Sedangkan sinusitis non infeksi sebagian besar disebabkan oleh karena alergi dan iritasi bahan bahan kimia. Sinusitis subakut dan khronis sering merupakan lanjutan dari sinusitis akut yang tidak mendapatkan pengobatan adekuat.

Gejala-gejala sinusitis

Gejala sinusitis yang paling umum adalah sakit kepala, nyeri pada daerah wajah, serta demam berkurangnya daya pengecap, batuk(biasanya akan memburuk pada malam hari). Hampir 25% dari pasien sinusitis akan mengalami demam yang berhubungan dengan sinusitis yang diderita. Gejala lainnya berupa wajah pucat, perubahan warna pada ingus, hidung tersumbat, nyeri menelan. Beberapa pasien akan merasakan sakit kepala bertambah hebat bila kepala ditundukan ke depan. Pada sinusitis karena alergi maka penderita juga akan mengalami gejala lain yang berhubungan dengan alerginya seperti gatal pada mata, dan bersin bersin.

Diagnosa sinusitis

Sinusitis sebagian besar sudah dapat didiagnosa hanya berdasarkan pada riwayat keluhan pasien serta pemeriksaan fisik yang dilakukan dokter. Hal ini juga disebabkan karena pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI yang walaupun memberikan hasil lebih akurat namun biaya yang dikeluarkan cukup mahal. Pada pemeriksaan fisik akan ditemukan adanya kemerahan dan pembengkakan pada rongga hidung, ingus yang mirip nanah, serta pembengkakan disekitar mata dan dahi. Pemeriksaan menggunakan CT Scan dan MRI baru diperlukan bila sinusitis gagal disembuhkan dengan pengobatan awal. Rhinoskopi, sebuah cara untuk melihat langsung ke rongga hidung, diperlukan guna melihat lokasi sumbatan ostia. Terkadang diperlukan penyedotan cairan sinus dengan menggunakan jarum suntik untuk dilakukan pemeriksaan kuman. Pemeriksaan ini berguna untuk menentukan jenis infeksi yang terjadi.

Bagaimana mengobati sinusitis?

Untuk sinusitis yang disebabkan oleh karena virus maka tidak diperlukan pemberian antibiotika. Obat yang biasa diberikan untuk sinusitis virus adalah penghilang rasa nyeri seperti parasetamol dan dekongestan. Curiga telah terjadi sinusitis infeksi oleh bakteri bila terdapat gejala nyeri pada wajah, ingus yang bernanah, dan gejala yang timbul lebih dari seminggu. Sinusitis infeksi bakteri umumnya diobati dengan menggunakan antibiotika. Pemilihan antibiotika berdasarkan jenis bakteri yang paling sering menyerang sinus karena untuk mendapatkan antibiotika yang benar benar pas harus menunggu hasil dari biakan kuman yang memakan waktu lama. 
Lima jenis bakteri yang paling sering menginfeksi sinus adalah Streptococcus pneumoniae, Haemophilus influenzae, Moraxella catarrhalis, Staphylococcus aureus, dan Streptococcus pyogenes. Antibiotika yang dipilih harus dapat membunuh kelima jenis kuman ini. Beberapa pilihan antiobiotika antara lain amoxicillin, cefaclor, azithromycin, dan cotrimoxazole. Jika tidak terdapat perbaikan dalam lima hari maka perlu dipertimbangkan untuk memberikan amoxicillin plus asam klavulanat. Pemberian antibiotika dianjurkan minimal 10 sampai 14 hari. Pemberian dekongestan dan mukolitik dapat membantu untuk melancarkan drainase cairan mukus. Pada kasus kasus yang khronis, dapat dipertimbangkan melakukan drainase cairan mukus dengan cara pembedahan.

Bahaya komplikasi dari sinusitis

Komplikasi yang serius jarang terjadi, namun kemungkinan yang paling gawat adalah penyebaran infeksi ke otak yang dapat membahayakan kehidupan.

Kesimpulan

Periksakanlah segera ke dokter jika anda menjumpai gejala gejala sinusitis. Jagalah terus kesehatan tubuh anda, mencegah lebih mudah daripada mengobati.



Osteoporosis

Osteoporosis - Hampir semua wanita berusia di atas 50 tahun, mengalami retak atau patah tulang. Lebih parah lagi, satu dari lima wanita baru menyadari bahwa tulangnya rapuh setelah tiga tulangnya retak.


Data tersebut dirilis National Osteoporosis Society (NOS) di Inggris. Karena masih ada yang tidak menyadari kerapuhan tulangnya, tak heran jika setidaknya tiga tahun setelah menopause, seorang wanita bisa 'kalah' dalam pertarungan mempertahankan kesehatan tulangnya. Satu dari empat wanita yang mengalami masalah tulang akibat osteoporosis dan dirawat di rumah sakit, bahkan keluar rumah sakit tanpa nyawa.

Laporan terakhir NOS menyatakan sebuah penelitian terhadap 1.551 orang di Inggris melibatkan 972 wanita berusia 50-70 tahun. Hasilnya, ternyata para dokter dan tenaga medis kesulitan dan seringkali gagal mendeteksi gejala osteoporosis lebih awal. Satu di antara delapan orang yang memiliki lebih dari tiga tulang retak mengatakan dokter mereka tidak pernah sekalipun membahas tentang osteoporosis. Demikian dilansir Mirror, Kamis (14/11/2013).

Sekitar 2,3 juta wanita berusia di atas 50 tahun mengalami osteoporosis. Survei tersebut menemukan rata-rata setiap retakan atau patahan tulang terjadi dalam 40 hari sekali. Tulang yang keropos ini membuat banyak orang menjadi kerepotan dalam beraktivitas sehari-hari, seperti menyetir mobil, melakukan pekerjaan rumah, bahkan mandi dan memasak.

Masalahnya, osteoporosis ibarat 'pembunuh berdarah dingin', sebab tidak ada gejala yang jelas terjadi selain tulang retak atau patah akibat pengeroposan. Begitu seseorang mengalami retak atau patah tulang pertama kali, besar kemungkinan itu terjadi pada tulang lainnya pula. 

Di Inggris, setiap tahun ada 300.000 kasus kerapuhan tulang terjadi pada tulang punggung. Setelah patah pertama, patahan atau retakan lain akan sering terjadi dalam 1 hingga 5 tahun berikutnya. Bila kondisi ini dibiarkan, penderita tidak akan dapat mengambil langkah yang tepat untuk melindungi dirinya.

Klasifikasi

Osteoporosis primer
Osteoporosis primer sering menyerang wanita paska menopause dan juga pada pria usia lanjut dengan penyebab yang belum diketahui.
Osteoporosis sekunder
Sedangkan osteoporosis sekunder disebabkan oleh penyakit yang berhubungan dengan :
Cushing's disease
Hyperthyroidism
Hyperparathyroidism
Hypogonadism
Kelainan hepar
Kegagalan ginjal kronis
Kurang gerak
Kebiasaan minum alkohol
Pemakai obat-obatan/corticosteroid
Kelebihan kafein
Merokok
Osteoporosis anak
Osteoporosis pada anak disebut juvenile idiopathic osteoporosis.

Penyebab

Osteoporosis postmenopausal terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita), yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia di antara 51-75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Tidak semua wanita memiliki risiko yang sama untuk menderita osteoporosis postmenopausal, wanita kulit putih dan daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada wanita kulit hitam.
Osteoporosis senilis terjadi karena kekurangan kalsium yang berhubungan dengan usia dan ketidakseimbangan di antara kecepatan hancurnya tulang dan pembentukan tulang yang baru. Senilis berarti bahwa keadaan ini hanya terjadi pada usia lanjut. Penyakit ini biasanya terjadi pada usia di atas 70 tahun dan 2 kali lebih sering menyerang wanita. Wanita seringkali menderita osteoporosis senilis dan postmenopausal.
Kurang dari 5% penderita osteoporosis juga mengalami osteoporosis sekunder, yang disebabkan oleh keadaan medis lainnya atau oleh obat-obatan.Penyakit ini bisa disebabkan oleh gagal ginjal kronis dan kelainan hormonal (terutama tiroid, paratiroid dan adrenal) dan obat-obatan (misalnya kortikosteroid, barbiturat, anti-kejang dan hormon tiroid yang berlebihan). Pemakaian alkohol yang berlebihan dan merokok bisa memperburuk keadaan ini.
Osteoporosis juvenil idiopatik merupakan jenis osteoporosis yang penyebabnya tidak diketahui. Hal ini terjadi pada anak-anak dan dewasa muda yang memiliki kadar dan fungsi hormon yang normal, kadar vitamin yang normal dan tidak memiliki penyebab yang jelas dari rapuhnya tulang.

Gejala

Kepadatan tulang berkurang secara perlahan (terutama pada penderita osteoporosis senilis), sehingga pada awalnya osteoporosis tidak menimbulkan gejala. Beberapa penderita tidak memiliki gejala.
Jika kepadatan tulang sangat berkurang sehingga tulang menjadi kolaps atau hancur, maka akan timbul nyeri tulang dan kelainan bentuk.
Kolaps tulang belakang menyebabkan nyeri punggung menahun. Tulang belakang yang rapuh bisa mengalami kolaps secara spontan atau karena cedera ringan. Biasanya nyeri timbul secara tiba-tiba dan dirasakan di daerah tertentu dari punggung, yang akan bertambah nyeri jika penderita berdiri atau berjalan. Jika disentuh, daerah tersebut akan terasa sakit, tetapi biasanya rasa sakit ini akan menghilang secara bertahap setelah beberapa minggu atau beberapa bulan. Jika beberapa tulang belakang hancur, maka akan terbentuk kelengkungan yang abnormal dari tulang belakang (punuk Dowager), yang menyebabkan ketegangan otot dan sakit.
Tulang lainnya bisa patah, yang seringkali disebabkan oleh tekanan yang ringan atau karena jatuh. Salah satu patah tulang yang paling serius adalah patah tulang panggul. Yang juga sering terjadi adalah patah tulang lengan (radius) di daerah persambungannya dengan pergelangan tangan, yang disebut fraktur Colles. Selain itu, pada penderita osteoporosis, patah tulang cenderung menyembuh secara perlahan.

Diagnosa

Pada seseorang yang mengalami patah tulang, diagnosis osteoporosis ditegakkan berdasarkan gejala, pemeriksaan fisik dan rontgen tulang. Pemeriksaan lebih lanjut mungkin diperlukan untuk menyingkirkan keadaan lainnya yang bisa di atasi, yang bisa menyebabkan osteoporosis.
Untuk mendiagnosis osteoporosis sebelum terjadinya patah tulang dilakukan pemeriksaan yang menilai kepadatan tulang. Pemeriksaan yang paling akurat adalah DXA (dual-energy x-ray absorptiometry). Pemeriksaan ini aman dan tidak menimbulkan nyeri, bisa dilakukan dalam waktu 5-15 menit. DXA sangat berguna untuk:
wanita yang memiliki risiko tinggi menderita osteoporosis
penderita yang diagnosisnya belum pasti
penderita yang hasil pengobatannya harus dinilai secara akurat.

Mekanisme yang mendasari dalam semua kasus osteoporosis adalah ketidakseimbangan antara resorpsi tulang dan pembentukan tulang. Dalam tulang normal, terdapat matrik konstan remodeling tulang; hingga 10% dari seluruh massa tulang mungkin mengalami remodeling pada saat titik waktu tertentu. Proses pengambilan tempat dalam satuan-satuan multiseluler tulang (bone multicellular units (BMUs)) pertama kali dijelaskan oleh Frost tahun 1963. Tulang diresorpsi oleh sel osteoklas (yang diturunkan dari sumsum tulang), setelah tulang baru disetorkan oleh sel osteoblas.

Pengobatan

Tujuan pengobatan adalah meningkatkan kepadatan tulang. Semua wanita, terutama yang menderita osteoporosis, harus mengonsumsi kalsium dan vitamin D dalam jumlah yang mencukupi.
Wanita paska menopause yang menderita osteoporosis juga bisa mendapatkan estrogen (biasanya bersama dengan progesteron) atau alendronat, yang bisa memperlambat atau menghentikan penyakitnya. Bifosfonat juga digunakan untuk mengobati osteoporosis.

Alendronat berfungsi:
mengurangi kecepatan penyerapan tulang pada wanita pasca menopause
meningkatakan massa tulang di tulang belakang dan tulang panggul
mengurangi angka kejadian patah tulang.
Supaya diserap dengan baik, alendronat harus diminum dengan segelas penuh air pada pagi hari dan dalam waktu 30 menit sesudahnya tidak boleh makan atau minum yang lain. Alendronat bisa mengiritasi lapisan saluran pencernaan bagian atas, sehingga setelah meminumnya tidak boleh berbaring, minimal selama 30 menit sesudahnya. Obat ini tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki kesulitan menelan atau penyakit kerongkongan dan lambung tertentu.

Kalsitonin dianjurkan untuk diberikan kepada orang yang menderita patah tulang belakang yang disertai nyeri. Obat ini bisa diberikan dalam bentuk suntikan atau semprot hidung.
Tambahan fluorida bisa meningkatkan kepadatan tulang. Tetapi tulang bisa mengalami kelainan dan menjadi rapuh, sehingga pemakaiannya tidak dianjurkan.
Pria yang menderita osteoporosis biasanya mendapatkan kalsium dan tambahan vitamin D, terutama jika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tubuhnya tidak menyerap kalsium dalam jumlah yang mencukupi. Jika kadar testosteronnya rendah, bisa diberikan testosteron.
Patah tulang karena osteoporosis harus diobati. Patah tulang panggul biasanya di atasi dengan tindakan pembedahan. Patah tulang pergelangan biasanya digips atau diperbaiki dengan pembedahan. Pada kolaps tulang belakang disertai nyeri punggung yang hebat, diberikan obat pereda nyeri, dipasang supportive back brace dan dilakukan terapi fisik.

Pencegahan

Pencegahan osteoporosi meliputi:
Mempertahankan atau meningkatkan kepadatan tulang dengan mengonsumsi kalsium yang cukup
Melakukan olah raga dengan beban
Mengkonsumsi obat (untuk beberapa orang tertentu).
Mengkonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup sangat efektif, terutama sebelum tercapainya kepadatan tulang maksimal (sekitar umur 30 tahun). Minum 2 gelas susu dan tambahan vitamin D setiap hari, bisa meningkatkan kepadatan tulang pada wanita setengah baya yang sebelumnya tidak mendapatkan cukup kalsium. Akan tetapi tablet kalsium dan susu yang dikonsumsi setiap hari akhir - akhir ini menjadi perdebatan sebagai pemicu terjadi osteoporosis, berhubungan dengan teori osteoblast.
Olah raga beban (misalnya berjalan dan menaiki tangga) akan meningkatkan kepadatan tulang. Berenang tidak meningkatkan kepadatan tulang.
Estrogen membantu mempertahankan kepadatan tulang pada wanita dan sering diminum bersamaan dengan progesteron. Terapi sulih estrogen paling efektif dimulai dalam 4-6 tahun setelah menopause; tetapi jika baru dimulai lebih dari 6 tahun setelah menopause, masih bisa memperlambat kerapuhan tulang dan mengurangi risiko patah tulang. Raloksifen merupakan obat menyerupai estrogen yang baru, yang mungkin kurang efektif daripada estrogen dalam mencegah kerapuhan tulang, tetapi tidak memiliki efek terhadap payudara atau rahim. Untuk mencegah osteroporosis, bisfosfonat (contohnya alendronat), bisa digunakan sendiri atau bersamaan dengan terapi sulih hormon.

Epidemiologi

Sementara ini diperkirakan 1 dari 3 wanita dan 1 dari 12 pria di atas usia 50 tahun di seluruh dunia mengidap osteoporosis. Ini menambah kejadian jutaan fraktur lainnya pertahunnya yang sebagian besar melibatkan lumbar vertebra, panggul dan pergelangan tangan (wrist). Fragility fracture dari tulang rusuk juga umum terjadi pada pria.

Fraktur Panggul

Fraktur panggul paling sering terjadi akibat osteoporosis. Di AS, lebih dari 250.000 fraktur panggul pertahunnya merupakan akibat dari osteoporosis. Ini diperkirakan bahwa seorang wanita kulit putih usia 50 tahun mempunyai waktu hidup 17,5% berisiko fraktur femur proksimal. Insidensi fraktur panggul meningkat setiap dekade dari urutan ke 6 menjadi urutan ke 9 baik untuk wanita maupun pria pada semua populasi. Insidensi tertingi ditemukan pada pria dan wanita usia 80 tahun ke atas.

Fraktur Vertebral

Antara 35-50% dari seluruh wanita usia di atas 50 tahun setidaknya satu mengidap fraktur vertebral. Di AS, 700.000 fraktur vertebra terjadi pertahun, tapi hanya sekitar 1/3 yang diketahui. Dalam urutan kejadian 9.704 wanita usia 68,8 tahun pada studi selama 15 tahun, didapatkan 324 wanita sudah menderita fraktur vertebral pada saat mulai dimasukkan ke dalam penelitian; 18.2% berkembang menjadi fraktur vertebra, tapi risiko meningkat hingga 41.4% pada wanita yang sebelumnya telah terjadi fraktur vertebra. 

Fraktur Pergelangan Tangan

Di AS, 250.000 fraktur pergelangan tangan setiap tahunnya merupakan akibat dari osteoporosis. Fraktur pergelangan tangan merupakan tipe fraktur ketiga paling umum dari osteoporosis. Resiko waktu hidup yang ditopang fraktur Colles sekitar 16% untuk wanita kulit putih. Ketika wanita mencapai usia 70 tahun, sekitar 20%-nya setidaknya terdapat satu fraktur pergelangan tangan.

Fraktur Tulang Rusuk

Fragility fracture dari tulang iga umumnya terjadi pada laki-laki usia muda 25 tahun ke atas. Tanda-tanda osteoporosis pada pria ini sering diabaikan karena sering aktif secara fisik dan menderita fraktur pada saat berlatih aktivitas fisik. Contohnya ketika jatuh saat berski air atau jet ski. Bagaimanapun, tes cepat dari tingkat testosteron individu berikut diagnosis fraktur akan nampak dengan mudah apakah individu kemungkinan berisiko.



Depresi

Depresi - Depresi adalah gangguan medis yang menyerang tubuh dan pikiran. Juga disebut major depression, major depressive, dan clinical depression dan berdampak pada apa yang anda rasakan, pikirkan, dan kelakuan anda. Depresi dapat menyebabkan variasi emosional dan masalah fisik. Anda mungkin memiliki masalah dalam melakukan aktivitas sehari-hari dan depresi dapat membuat anda merasa jika hidup tidak bernilai. 





Lebih dari sekedar perasaan bersedih, depresi bukan sesuatu yang dapat dengan mudah dihilangkan. Depresi adalah penyakit kronis yang biasanya membutuhkan pengobatan jangka panjang seperti halnya diabetes atau tekanan darah tinggi. Banyak orang dengan depresi merasa lebih baik dengan pengobatan medis, konseling atau pengobatan lainnya.

GEJALA

Gejala-gejala depresi antara lain:
•    Merasa sedih
•    Lekas marah atau frustasi walaupun pada hal yang kecil
•    Hilang ketertarikan atau kesenangan pada aktifitas normal
•    Mengurangi aktifitas hubungan intim
•    Insomnia ataupun terlalu banyak tidur
•    Berubahnya selera makan – seringkali kasus depresi mengurangi selera makan dan menyebabkan hilangnya berat badan, tapi pada beberapa orang depresi menyebabkan meningkatnya selera makan dan bertambahnya berat badan.
•    Rasa bergejolak atau gelisah
•    Lambat dalam berpikir, berbicara, atau bergerak
•    Ketidaktegasan, mudah teralihkan, dan berkurangnya konsentrasi
•    Lelah dan hilang energi – bahkan tugas kecil membutuhkan usaha yang lebih
•    Perasaan tidak berharga atau bersalah dan terpaku pada kesalahan masa lalu atau menyalahkan diri sendiri ketika sesuatu berjalan tidak benar
•    Bermasalah dalam berpikir, berkonsentrasi, membuat keputusan dan mengingat sesuatu
•    Sering berpikir kematian, penderitaan atau kejatuhan
•    Menangis untuk alasan yang tidak jelas
•    Memiliki masalah fisik yang tidak terjelaskan seperti sakit punggung atau sakit kepala
•    Pada beberapa orang gejala depresi sering merasa sedih atau tidak bahagia tanpa benar-benar tahu mengapa.
Akibat depresi pada setiap orang bervariasi satu sama lain. Garis keturunan, usia, gender dan latar belakang kultur semuanya memiliki peran bagaimana depresi menimpa anda. 

Gejala depresi pada anak dan remaja

Biasanya gejala depresi pada anak dan remaja berbeda dengan gejala depresi pada orang dewasa.
•    Pada anak yang lebih muda, gejala depresi berupa kesedihan, lekas marah, keputusasaan dan rasa khawatir.
•    Gejala pada remaja dan usia belasan adalah gelisah, perasaan marah dan menghindari interaksi sosial.
•    Perubahan pikiran adalah tanda depresi yang biasa terjadi pada remaja dan orang dewasa, tapi tidak biasa pada anak yang lebih muda.
•    Pada anak dan usia belasan depresi sering terjadi seiring masalah perilaku dan kondisi kesehatan mental lain seperti kegelisahan atau ADHD.

Gejala depresi pada orang dewasa

•    Ada orang dewasa yang lebih tua depresi dapat tidak terdiagnosis karena gejalanya – contohnya kelelahan, hilangnya nafsu makan, kesulitan tidur atau hilang ketertarikan pada hubungan intim – dapat berarti disebabkan oleh penyakit lain.
•    Orang tua dengan depresi mengatakan mereka tidak puas dengan hidup yang biasa, membosankan, tidak berdaya atau tidak berguna. Mereka selalu ingin berdiam dirumah, daripada pergi bersosialisasi atau mencoba sesuatu yang baru.
•    Pikiran atau perasaan ingin bunuh diri pada orang dewasa menjadi tanda serius dari depresi yang tidak dapat diambil tindakan ringan khususnya pada laki-laki. Pada semua orang dengan depresi, tetapi laki-laki dewasa memiliki risiko tinggi untuk bunuh diri.

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Tidak diketahui apa yang menyebabkan depresi. Seperti halnya banyak penyakit mental, ini muncul karena banyak faktor antara lain:
•    Perbedaan biologis. Orang dengan depresi akan muncul perubahan aktifitas pada otak.
•    Neurotransmitter. Secara alami muncul hubungan secara kimiawi pada suasana hati yang memiliki peran pada depresi.
•    Harmon. Berubahnya keseimbangan hormon tubuh menjadi pemicu depresi. Perubahan hormon dapat dihasilkan pada tiroid yang bermasalah, menopause dan beberapa kondisi lain.
•    Garis keturunan. Depresi muncul pada orang yang memiliki anggota keluarga yang juga mengalami kondisi tersebut. Ilmuan sedang mencoba untuk menemukan gen apa yang mungkin terlibat dalam menyebabkan depresi.
•    Kejadian hidup. Kejadian seperti kematian atau kehilangan orang yang dicintai, masalah keuangan dan stress tinggi dapat memicu depresi pada beberapa orang.
•    Trauma masa kecil. Kejadian traumatis pada saat anak-anak, bisa dapat menyebabkan perubahan permanent pada otak yang membuat anda lebih rentan depresi.
    

Faktor risiko  

Depresi secara khusus terjadi pada akhir usia 20an akan tetapi sebenarnya dapat terjadi pada semua usia. Meskipun penyebab tepat depresi tidak diketahui, ilmuan telah mengidentifikasi faktor tertentu yang meningkatkan risiko berkembangnya atau memicu munculnya depresi, yaitu:
•    Memiliki hubungan biologis dengan orang yang memiliki depresi
•    Wanita
•    Memiliki kejadian traumatis saat anak-anak
•    Memiliki hubungan biologis dengan catatan pecandu alkohol
•    Memiliki anggota keluarga yang mengalami kejatuhan
•    Memiliki pengalaman kejadian hidup yang memberikan tekanan, seperti kematian orang yang dicintai
•    Memiliki banyak teman atau hubungan personal
•    Memiliki suasana hati depresi ketika kecil
•    Memiliki penyakit serius, seperti kanker, serangan jantung, Alzheimer’s atau HIV/AIDS
•    Memiliki sifat tertentu, seperti rendahnya kepercayaan diri dan ketergantungan yang berlebih, mengkritik diri sendiri atau pesimistis
•    Penyalahguanan alkohol, nikotin atau obat-obatan terlarang
•    Mengambil pengobatan medis atas tekanan darah tinggi yang dimiliki, meminum obat tidur atau pengobatan medis tertentu lainnya (bicara pada dokter anda sebelum berhenti menjalani pengobatan medis tertentu yang anda pikir mengakibatkan berubahnya suasana hati anda) 

Pencegahan

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah depresi. Bagaimanapun juga anda sebaiknya mengambil langkah untuk mengontrol stress, untuk meningkatkan ketahanan tubuh anda dan untuk memacu rendahnya kepercayaan diri. Persahabatan dan dukungan sosial khususnya pada waktu krisis akan dapat membantu anda. 
Pengobatan yang dilakukan pada gejala awal dapat membantu mencegah depresi menjadi lebih buruk. Perawatan jangka panjang juga membantu mencegah kembuhnya gejala depresi. 

Gagal ginjal akut

Gagal ginjal akut - Gagal ginjal merupakan kemunduran yang cepat dari kemampuan ginjal dalam membersihkan darah dari bahan-bahan racun, yang menyebabkan penimbunan limbah metabolik di dalam darah.

bsud.blogspot.com
Penyebab 
1. Berkurangnya aliran darah ke ginjal : pendarahan, dehidrasi, cedera fisik, gagal jantung, hipotensi, kegagalan hati (hepatorenalis)
2. Penyumbatan aliran kemih : Pembesaran prostat, tumor yang menekan saluran kemih.
3. Trauma pada ginjal : reaksi alegri (zat radioopak yang digunakan pada pemeriksaan rontgen), zat-zat racun. penyumbatan arteri atau vena di ginjal, kristal, protein atau bahan lainnya dalam ginjal.

Gejala

1. Berkurangnya produksi air kemih  oliguria = volume air kemih berkurang atau anuria = sama sekali tidak terbentuk air kemih ).
2. Nokturia ( berkemih di malam hari )
3. Pembengkakan tungkai, kaki, atau pergelangan kaki.
4. Pembengkakan yang menyeluruh ( karena terjadi penimbunan cairan ).
5. Berkurangnya rasa, terutama di tangan atau kaki
6. Perubahan mental atau suasana hati.
7. Kejang
8. Tremor tangan
9. Mual, muntah

Diagnosa

1. Anamnesis : keluhan pasien
2. Pemerisakaan fisik : penilaian terhadap ginjal ( pembengkakan atau nyeri tumpul ), colok dubur atau vagina ( mencari adanya massa di kedua tempat terebutyang menyebabkan penekanan saluran kemih )
3. Pemeriksaan laboratorium : darah ( fungsi ginjal ureum dan kreatinin yang tinggi, gangguan elektrolit kalium dan natrium ) urin lengkap ( ditemukan sel darah merah, sel darah putih, protein ).
4. Pemeriksaan penunjang : angiografi ( pemeriksaan rontgen paa arteri dan vena ), CT Scan, MRI, biopsi ( pengabilan jaringan untuk pemeriksaan mikroskopis ).

Pengobatan 

Tujuan untuk menemukan atau mengobati penyebab dari gagal ginjal akut dan untuk mencegah penimbunsn cairan dan limbah metabolik yang berlebihan.
1. Asupan cairan dibatasi dan disesuaikan dengan volume air kemih yang dikeluarkan.
2. Asupan garam dan zat-zat yang dalam keadaan normal dibuang oleh ginjal juga dibatasi.
3. Penderita dianjurkan untuk melakukan diet kaya karbohidrat serta rendah protein, natrium, dan kalium.
4. Obat-obatan : antibiotika, diuretik, suplemen elektrolit.
5. Dialisa bila diperlukan.

Informasi ini saya berikan karena banyak orang yang tidak menyadari akan penyakit gagal ginjal. Mudah-mudahan informasinya bisa bermanfaat bagi anda.

Pilek?? kenali dan cegah !!

Pilek Cold - Sering mengalami hidung mampet, kepala berat maka kenali penyakitnya. Ada kemungkinan anda sedang terserang pilek. Untuk itu mari kita simak informasiny tentang penyakit pilek. Pilek adalah infeksi virus pada alat pernapasan atas seperti hidung dan tenggorokan. Pilek biasanya menyakitkan, meskipun rasanya tidak sakit. Biasanya orang yang memiliki pilek mengalami hidung yang basah, tenggorokan sakit dan batuk. Beberapa penderita akan mengalami mata yang berair, bersin dan hidung yang tersumbat, atau bisa saja kesemuanya. Faktanya, ada lebih dari 200 jenis virus dapat menyebabkan pilek dan gejala yang terjadi bervariasi.




Kebanyakan orang dewasa terkena pilek dua atau empat kali setahun. Anak-anak khususnya pada masa pra sekolah dapat terkena pilek antara enam sampai sepuluh kali setahun. Kebanyakan orang sembuh dari pilek sekitar seminggu sampai dua minggu. Jika gejala tidak membaik sangat disarankan untuk menghubungi dokter anda.

GEJALA

Gejala pilek biasanya muncul sekitar satu atau tiga hari setelah terkena virus pilek. Tanda dan gejala yang dapat muncul adalah :

•    Saluran hidung yang basah
•    Gatal dan sakit pada tenggorokan
•    Batuk
•    Hidung tersumbat
•    Sedikit sakit pada badan atau sakit kepala ringan
•    Bersin
•    Mata berair
•    Demam ringan (lebih dari 39 Celcius)
•    Sedikit kelelahan

Lendir pada hidung dapat menjadi tebal dan berwarna kuning atau hijau dan tentu saja mengalir keluar. Apa yang membuat pilek berbeda dari infeksi virus lain adalah umumnya anda tidak akan mengalami demam tinggi. Anda juga tidak akan mengalami kelelahan yang signifikan pada pilek.
Penyebab & Faktor Risiko
Penyebab

Ada lebih dari 200 jenis virus dapat menyebabkan pilek. Rhinovirus adalah penyebab yang paling banyak dan virus ini yang paling banyak berjangkit. Virus pilek masuk ke tubuh anda melalui mulut atau hidung. Virus dapat menyebar lewat udara ketika seseorang yang sakit batuk, bersin atau bicara. Selain itu dapat juga menyebar melalui kontak tangan dengan seseorang yang sedang sakit atau pinjam meminjam sesuatu, seperti perlengkapan, handuk, mainan, atau telepon. Menyentuh mata, hidung atau mulut setelah melakukan kontak akan meningkatkan kemungkinan anda tertular pilek.
   
Faktor risiko
       
Virus pilek hampir selalu ada di lingkungan sekitar. Tetapi faktor-faktor berikut dapat meningkatkan kemungkinan terkena pilek:

•    Usia. Bayi dan anak-anak usia pra sekolah secara khusus rentan terhadap pilek karena mereka belum memiliki perkembangan ketahanan tubuh pada sebagian besar virus. Tetapi sistem imun yang belum matang bukan satu-satunya hal yang membuat anak-anak rentan. Mereka juga cenderung menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak lain dan sering tidak mencuci tangan secara benar dan menutup hidung dan mulut jika mereka batuk atau bersin.

•    Imunitas. Seiring usia imunitas berkembang terhadap virus yang menyebabkan pilek. Walau begitu anda tetap dapat mengalami pilek jika terkena virus pilek, memiliki reaksi alergi yang menyebabkan sesak atau memiliki sistem imun yang lemah. Semua faktor tersebut meningkatkan risiko terkena pilek.

•    Musim. Baik anak-anak ataupun orang dewasa lebih rentan terkena pilek pada musim gugur dan musim dingin. Itu karena banyak orang lebih suka menghabiskan waktu didalam ruangan. Pada tempat dimana tidak memiliki musim dingin, pilek lebih banyak terjadi pada musim hujan.


Pencegahan

Tidak ada vaksin yang dikembangkan untuk pilek, itu karena pilek dapat disebabkan oleh virus yang berbeda-beda. Tetapi anda dapat mengambil langkah-langkah antisipasi untuk memperlambat penyebaran virus pilek.

•    Cuci tangan anda. Bersihkan tangan secara teliti dan sering, dan ajari anak anda pentingnya mencuci tangan. Bawa sebotol pembersih tangan berbasis alkohol yang mengandung alkohol paling sedikit dengan kadar 60 persen dan gunakan untuk membersihkan tangan ketika air tidak tersedia.

•    Bersihkan peralatan anda. Jaga dapur dan kamar mandi tetap bersih khususnya ketika seorang anggota keluarga anda terkena pilek. Bersihkan mainan anak setelah bermain.

•    Gunakan tisu. Selalu gunakan tisu saat bersin dan batuk. Buang tisu yang telah digunakan kemudian cuci tangan secara benar. Ajari anak-anak untuk bersin atau batuk pada lekukan siku jika tidak ada tisu. Itulah cara melindungi mulut mereka tanpa menggunakan tangan.

•    Jangan berbagi. Jangan berbagi gelas minuman atau perlengkapan dengan anggota keluarga yang lain. Gunakan milik anda sendiri atau gelas sekali pakai ketika anda atau orang lain sakit. Beri label pada cangkir atau gelas dengan nama orang yang sedang pilek.

•    Jaga tetap jauh dari pilek. Hindari berdekatan atau kontak dengan waktu lama dengan seseorang yang terkena pilek.

Jagalah terus kondisi badan anda dalam menghadapi musim hujan sekarang ini, dengan melakukan olahraga, minum air putih, makan makanan yang bergizi, banyak minum vitamin c dan istirahat yang cukup. Selamat beraktifitas dengan badan yang sehat dan bugar.

Kulit kering dan bersisik

Kulit kering,- Kulit bersisik bisa mengurangi kepercyaan diri anda bahwa dalam momen - momen penting kulit anda terlihat kusam, kasar dan kering. Biasanya kulit kering (zerosis) bukanlah merupakan hal yang serius, tapi dapat menyebabkan ketidaknyamanan, membuat garis halus dan kerutan.

kulit kering yang serius – karena faktor keturunan yang disebut ichthyosis¬ – terkadang dapat terlihat noda, menyebabkan tekanan psikologis. Berita baiknya, banyak kulit kering disebabkan faktor lingkungan yang dapat dikontrol. Kulit kering yang kronis atau parah membutuhkan perhatian medis.

GEJALA

Kulit kering sering hanya terjadi untuk sementara waktu, tetapi dapat merupakan masalah untuk waktu yang lama. Tanda dan gejala kulit kering antara lain :

•    Perasaan kulit yang mengetat, khususnya setelah mandi atau berenang
•    Kulit yang menyusut atau dehidrasi
•    Kulit yang terasa dan terlihat kasar
•    Gatal yang terkadang dapat menjadi parah
•    Pengelupasan pada kulit
•    Garis halus atau retak pada kulit
•    Kemerahan
•    Terdapat celah yang dalam pada kulit dan disertai darah pada kasus yang parah

Penyebab & Faktor Risiko

Penyebab

Penyebab potensial kulit kering antara lain:
•    Cuaca
•    Pemanas ruangan dan pendingin ruangan
•    Mandi air panas
•    Sabun atau deterjen yang kasar
•    Terkena sinar matahari
•    Psoriasis (kondisi kulit yang ditandai oleh kulit yang kasar, kering, dan sel kulit mati yang banyak terbentuk)
•    Gangguan pada tiroid

Faktor risiko

Meskipun siapapun dapat memiliki kulit kering, anda mungkin lebih mungkin terkena jika:
•    Berusia 65 tahun ke atas
•    Tinggal pada wilayah dengan iklim kering, dingin atau kelembaban yang rendah
•    Sering mandi

Kulit kering akan membuat penampilan menjadi terlihat kusam, mudah terjadi keriput, kemerahan, sensitif, terlihat kasar dan tidak segar. Penyebab kulit kasar, kering dan bersisik bisa ditimbulkan oleh banyak faktor, diantaranya :

1. faktor keturunan
2. kurang asupan air
3. sedikit makan sayuran yang mengandung vitamin B2 dan E)
4. kurang asupan air
5. akibat obat-obatan tertentu
6. menggunakan kosmetik yang tidak tepat
7. faktor lingkungan yang ekstrim
8. regenerasi kulit yang terlalu cepat
9. akibat infeksi jamur

Cara mencegah agar kulit tidak kering, kasar dan bersisik

Ada beberapa aktifitas yang dapat mempertahankan kulit terjaga kelembabannya, serta mengindari dari kulit yang menjadi kering dan kasar. Diantaranya :

1. Untuk tangan, kaki, lutut, siku dan tumit, gunakanlah handbody lotion secara teratur. Gunakan handbody lotion yang mengandung pelembab berbahan dasar air.  Terlebih lagi bila sering berada di ruangan berpendingin udara dan rendah kelembabannya.
2. Aturlah pendingin ruangan pada temperatur ruangan standar, yaitu antara 24-27 derajat Celcius.
3. Gunakan sunblok saat anda beraktifitas di ruangan terbuka dan terik. Gunakan minimal SPF 30, dan lakukan kembali 2 atau 3 jam kemudian.
4. Minumlah air putih minimal 2 liter/hari.
5. Perbanyak memakan kacang kedelai, sayur, dan buah yang mengandung vitamin B2 dan vitamin A. Selain itu vitamin A sangat baik untuk memperbaiki regenerasi kulit
6. Lakukan olahraga secara rutin.
7. Jangan terlalu sering mandi mandi dengan air terlalu panas, atau bersauna.
8. Apabila kondisi kulit kering dan bersisik tidak dapat dicegah melalui aktifitas di atas, maka simaklah kelanjutan artikel ini.

Cara dan produk perawatan untuk mengatasi kulit kering, kasar dan bersisik.

Untuk badan, biasanya kami menyarankan dengan menggunakan handbody lotion. Nutrisi yang dikandungnya mampu dengan cepat mengatasi problem dari dalam. Misalnya kulit yang pecah-pecah dan kasar pada bagian tumit. Dengan handbody lotion maka kondisi ini bisa cepat diatasi, di saat produk-produk sejenis yang ada di pasaran memberikan efek yang lebih lama.

Ada laporan lain dari pelanggan yang bereksperimen dengan sabun wajah Rich Amor. Ya, sabun wajah tapi dipakai untuk badan. Sabun Rich Amor ternyata tidak hanya membuat wajah menjadi lembut, kenyal dan moist. Tapi kulit badan yang dirawat dengan sabun Rich Amor, seperti diberikan sebuah layanan pretigius yang eksklusif, sehingga menjadi lembut dan lembab tanpa memerlukan perawatan bodycare yang mahal. Begitu kira-kira pengalaman yang disampaikan oleh seorang pelanggan.

Sedangkan untuk wajah yang kering dan kasar, paket perawatan pemula ditambah serum CCE adalah solusi yang tepat.

Cara mengatasi kulit kering, dan kusam

Komponen utama yang mendukung untuk mengatasi kulit kering, kasar dan bersisik di paket pemula adalah sabun, cleansing milk, krim siang dan malam.

1. Sabun Wajah

Bukan sekedar sabun kosmetik, tapi ini adalah sabun perawatan kulit. Fungsinya bukan sekedar mengatasi kulit yang kering, tapi juga mengangkat kulit mati (kusam dan flek), memberikan kelembutan dan membersihkan sisa riasan.

Ciri produk sabun wajah kami adalah berat 150 gram, warna kuning emas bening dan berbentuk oval. No POM dari sabun Rich Amor adalah POM CA18091205059, yang terbitk sejak 04-06-2009.

2. Krim Malam

Krim malam merupakan “krim bergizi”, karena berisi nutrisi penting saat kulit bisa dengan maksimal menembus kulit bagian (ketika sedang tidur).
Manfaat krim malam adalah untuk mencerahkan wajah sekaligus menjaga kelembaban kulit, meningkatkan elastisitas kulit, membantu proses pengangkatan kulit mati, serta meregenerasi kulit.

No POM dari krim malam adalah POM CA18090105401, dan POM CA18100106833 (ada 2 jenis krim malam Rich Amor).

3. Krim Siang

Saat di berada di lingkungan yang kering, berangin dan di bawah terik matahari, maka akan menyebabkan kulit lebih cepat kering. Sehingga penting untuk membentengi kulit dengan krim siang agar tetap terjaga kelembabannya. Begitu juga saat berada di ruangan yang ber-AC.

Ada 2 jenis krim yang telah terdaftar d Badan POM. Yaitu POM CA18100106834, dan CA18090107985.

4. Serum CCE

Serum vitamin CCE dikenal oleh pelanggan sebagai produk yang cepat untuk menormalkan pori-pori wajah. Disamping itu masih banyak fungsi serum ini. Diantaranya sebagai cara mengatasi kulit kering. Kandungan kolagen yang terdapat di dalam serum CCE yang akan membuat kulit menjadi kenyal, kencang, melembabkan dan menghaluskan kulit wajah.

Perawatan kulit perlu dilakukan dengan kesabaran dan katelatenan untuk mendapatkan hasil yang bagus, mungkin cara instan akan lebih cepat mendapatkan hasil tapi perlu perawatan dengan harga yang super mahal. Rajinlah merawat diri, dengan badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat.